Widodo

5 Inspirasi Bisnis Kuliner yang wajib dicoba

Inspirasi Bisnis Kuliner

Memiliki bisnis sendiri merupakan impian sebagian besar orang. Kemampuan untuk mengatur jam kerja mereka sendiri merupakan salah satu faktor yang membuat banyak orang ingin memiliki bisnis sendiri.  Faktor lain yang membuat banyak orang ingin memiliki bisnis sendiri yaitu adanya kewenangan untuk menentukan cara dan sistem kerja. Ya, jika bisnis tersebut adalah milik kita sendiri, tentu kita tidak perlu mengikuti sistem dan cara yang ditentukan oleh orang lain atau atasan kita.

Dengan memiliki bisnis sendiri, kita juga bisa memiliki penghasilan yang lebih banyak. Apalagi jika bisnis tesebut bisa berjalan dalam jangka waktu lama, dan bisa diwariskan hingga ke anak – anak kita. Wah, tentu menjadi impian setiap orang.

Selain hal tersebut di atas, membuka bisnis sendiri juga membuat hidup kita lebih bermanfaat. Bagaimana tidak?  Bisnis yang kita buka tentu akan membuka lapangan pekerjaan juga bagi orang lain.  Dengan memiliki bisnis sendiri kita akan berperan aktif dalam meningkatkan taraf  hidup orang lain.

Salah satu bisnis yang menjanjikan dan memiliki peluang untuk bertahan dalam jangka waktu lama ialah bisnis kuliner. Bisnis kuliner menjadi salah satu jenis bisnis yang menjanjikan keuntungan. Kenapa bisa demikian? Karena setiap orang membutuhkan makanan setiap harinya. Hal tersebut membuat bisnis kuliner bisa menjadi bisnis yang berkembang dengan baik.

Belum lagi kenyataan bahwa pada masa sekarang ini, kuliner tak lagi hanya sebagai pemenuh kebutuhan primer. Kuliner saat ini telah meluas menjadi salah satu wisata. Tempat – tempat kuliner tak lagi hanya menjual makanan, namun juga menjual atmosfir. Dengan demikian banyak orang yang akan memilih tempat mereka untuk sekedar kumpul dan mengobrol dengan kerabat.

Berikut beberapa inspirasi bisnis kuliner yang bisa kamu coba. Masing – masing jenis bisnis kuliner memiliki keuntungan dan kelebihan tersendiri. Baik dari segi modal, keuntungan, dan lain – lain.

1. Katering Rumahan

Bisnis katering rumahan sudah ada sejak lama. Para pebisnis katering rumahan melihat peluang dimana banyak orang tua yang tak sempat menyiapkan makanan di rumah. Hal tersebut disebabkan tingginya kesibukan para orang tua.

Seiring dengan perkembangan zaman, makin banyak pula jumlah orang tua yang bekerja. Tentu saja hal tersebut membuat bisnis katering rumahan menjadi semakin berkembang.

Kamu dapat mengembangkan bisnis katering rumahan kamu dengan menawarkan katering kamu ke kantor – kantor yang berlokasi di sekitar kamu. Tak sedikit karyawan kantor yang lebih senang makan siang dengan berlangganan katering.

Karyawan kantor lebih memilih untuk berlangganan katering demi menghemat waktu. Saat jam istirahat datang, mereka bisa langsung makan tanpa harus pergi ke rumah makan, menunggu dan mengantri. Selain itu katering juga bisa membuat karyawan tersebut menjadi lebih hemat. Karena mereka bisa memilih harga paket katering yang sesuai dengan budget mereka.

Modal yang kamu butuhkan untuk membuka bisnis katering rumahan ini tidak terlalu besar. Kamu bisa memanfaatkan alat – alat milik kamu sendiri sebagai permulaan. Jika katering kamu sudah mulai ramai, barulah kamu membeli berbagai perlatan baru dan jika dibutuhkan mulailah mempekerjakan karyawan untuk membantu kamu.

2. Katering Menu Khusus

Bisnis katering saat ini telah semakin meluas. Tak lagi  hanya menyediakan makanan sehari-hari, bisnis katering saat ini juga meyediakan makanan khusus. Sebut saja menu khusus untuk orang yang vegetarian, menu khusus penderita diabetes, menu khusus diet mayo, dan masih banyak lagi.

Pelaku bisnis yang mengolah lahan ini terhitung masih sedikit jumlahnya. Nah, disinilah kamu bisa mengambil kesempatan.

Saat ini kesadaran masyarakat akan pentingnya makanan sehat sudah semakin tinggi. Mereka selalu ingin untuk dapat mengonsumsi makanan sehat dan disesuaikan untuk kebutuhan mereka dan juga keluarga. Namun sayangnya terkadang mereka tak memiliki cukup waktu utnuk membuat makanan sendiri. Atau bisa juga mereka tidak memiliki kemampuan untuk mengolah makanan dengan baik.

Solusinya adalah dengan berlangganan katering yang menyediakan makan dengan menu khusus tersebut. Jika kamu memiliki pengetahuan mengenai berbagai jenis makanan sehat, maka jenis bisnis kuliner ini mungkin cocok bagi kamu.

3. Makanan Beku

Bisnis kuliner yang satu ini juga memiliki peluang untuk dapat menjadi besar. Jika kamu berniat untuk serius menekuni bisnis ini, yang perlu kamu pikirkan pertama ialah mengenai izin kesehatan makanan kamu. Setelah kamu mengantongi izin tersebut, kamu akan tenang dalam menjalankan bisnis frozen food kamu.

Saat ini cukup banyak pengusaha yang bergerak dalam bisnis frozen food. Banyak sekali jenis frozen food yang beredar di pasaran. Namun kamu tak perlu khawatir dan merasa takut untuk bersaing. Pangsa pasar makanan frozen ini sangat luas. Apalagi sekarang kamu bisa memasarkan berbagai produk secara online, termasuk frozen food. Dengan adanya sistem pemasaran secara online, akan sangat memungkinkan bagi kamu untuk memperoleh pelanggan dari berbagai wilayah di Indonesia.

Jika kamu memutuskan untuk menjual produk kamu secara online, kamu harus benar – benar memperhatikan pengepakan dan juga proses pengiriman barang. Proses penyimpanan frozen food di rumah kamu harus mendapat perhatian khusus. Penyimpanan yang baik akan membuat makanan yanga kamu jual bertahan lebih lama.

4. Rumah Makan

Bisnis rumah makan bisa memberikan kamu keuntungan yang sangat besar. Untuk dapat memulai bisnis di bidang rumah makan, pertama – tama tentukan dulu jenis masakan yang hendak kamu jual dan sesuaikan dengan target pasar.

Mencari lokasi rumah makan yang strategis tentu harus  diupayakan. Berada di tempat yang strategis tentu akan membuat bisnis rumah makan kamu cepat berkembang. Lokasi yang terletak di tepi jalan besar juga membuat kamu untuk mendatangkan traffice lebih kecil, toh setiap orang yang melewati jalan tersebut akan mengetahui keberadaan rumah makan kamu.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kualitas makanan dan juga kebersihan rumah makan.

5. Coffee Shop

Saat ini keberadaan coffee shop sangat mudah ditemui. Menjamurnya coffee shop tak lepas dari kegemaran masyarakat sekarang untuk duduk dan berkumpul sekedar untuk membicarakan hal – hal ringan. Coffee shop merupakan tempat yang dirasa cukup tepat.

Kenyamanan yang ditawarkan oleh coffee shop membuat coffee shop tak pernah sepi dari pengunjung. Hal tersebut membuat bisnis ini patut kamu coba tekuni.

Besar atau kecilnya coffee shop dapat kamu sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Namun kamu tak perlu khawatir jika memiliki budget yang terbatas, coffee shop kecil tetap memiliki peluang untuk sukses apabila kamu berhasil menciptakan atmosfir yang tepat. Sesuaikan atmosfir coffee shop kamu dengan target pasar yang kamu tuju.

 

Itulah beberapa inspirasi bisnis kuliner yang mempunyai peluang cukup bagus semoga bermanfaat  dan selamat berbisnis semoga sukses selalu..

Source : #mebiso.com



0 Komentar