Widodo

Cara Membuat Animasi Text Blur Dengan Flash

Dalam pembuatan animasi text pada flash ini cukuplah mudah yang terpenting kita paham terlebih dauhulu pada lembar kerja macromedia flash atau adoble flash, didalam lembar kerja macromedia flash tidak jauh seperti tampilan photoshop yaitu ada bebeapa tool seperti add text, color, backgound layer dll.

yang terpting kita tau yang namanya keyframe, blank frame, Mootion Tween dan symbol pada flash.

Frame : frame adalah satuan terkecil dalam video. pada program flash, frame diumpamakan seperti kertas hvs yang telah digambar, dan contoh apabila framenya kita perpanjang sebanyak 5 frame, maka diumpamakan seperti 5 kertas hvs dengan gambar yang sama.apabila kita merubah gambar salah satu frame, maka frame yang lain akan mengikuti perubahan gambar tersebut. karena frame tidak dapat berdiri sendiri.

Keyframe : keyframe adalah frame kunci yang dapat berdiri sendiri. diumpamakan seperti kertas hvs yang berisi gambar. apabila kita tambahkan sebanyak 5 keyframe, apabila salah satu keyframe kita rubah gambarnya, itu tidak akan mempengaruhi gambar-gambar dikeyframe lain. karena keyframe dapat berdiri sendiri.

Blank keyframe : blank keyframe adalah keyframe yang tidak memiliki gambar/objek didalamnya. diumpamakan seperti kertas hvs yang kosong melompong, polos, suci, tanpa kotoran bahkan tidak ada 1 titikpun disana.

Motion Tween : motion tween adalah salah satu fitur dari program adobe flash yang dapat memudahkan kita membuat sebuah animasi pergerakan objek tanpa harus memperbanyak gambar keyframe, hanya menentukan keyframe awal dan keyframe akhir, kita bisa menggerakkan sebuah objek menggunakan fitur ini.

Symbol : symbol adalah salah satu fitur dari program adobe flash yang juga dapat memudahkan kita dalam membuat sebuah animasi. kalau diumpamakan, apabila stage adalah tas yang berisi objek-objek animasi, maka symbol adalah tempat pensil yang didalamnya juga kita bisa menyimpan animasi lagi didalamnya. didalam fitur symbol, ada 3 fasilitas, yaitu movie clip, button, dan ghrapic
movie clip : untuk membuat sebuah simbol animasi berbentuk movie
button : untuk membuat button atau tombol. fasilitas ini biasa digunakan untuk animasi media interaktif
graphic : untuk membuat sebuah simbol animasi berbentuk grafik.

langsung saja deh ke tutorial pembuatan animasinya

1. Siapkan document/lembar kerja baru

2. sisipkan text mis: ANIMASI

3. Klik Kanan Pada text ANIMASI lalu pilih conver to symbol atau bisa menekan tombol f8 lalu pilih symbol ovie Clip

4. Setelah jadi movie clip sekarang klik pada textnya lalu menuju kebagian bawah dan buka tab filter lalu pilih blur dan beri value blur X dan Y nya menjadi 20

5. Setelah itu sekarang tambah keyframe caranya kalik pada layer 10 lalu klik kanan pilih insert keyframe

6. Klik text animasinya di layer 10 lalu menuju kebawah seperti no 4 lalu value blurnya beri angka 0

7. Sekarang klik kanan pada bagian layer antara layer 1 dan 10 atau di tengah2 pilih create mootion tween di paling atas.

8. Selesai



0 Komentar