Widodo

Fakta Rokok Elektrik Berbahaya Bagi Kesehatan

Fakta Rokok Elektrik Berbahaya Bagi Kesehatan

Fakta Rokok Elektrik Berbahaya Bagi Kesehatan

Rokok elektrik, merupakan salah satu jenis rokok yang saat ini sedang banyak diperdebatkan. Banyak yang menyebutkan rokok jenis ini tidak mengandung nikotin sehingga aman bagi kesehatan tubuh. Namun, adapula yang bersikeras menyebutkan bahwa rokok elektrik mengandung berbagai zat kimia yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya. Lalu, pernyataan manakah yang benar antara kedua pendapat tersebut? Nah, untuk memahaminya berikut akan saya ulas tentang fakta-fakta pengaruh rokok elektrik terhadap kesehatan tubuh.

Baca Juga : Printer Barcode Alat Mencetak Label Barcode

Fakta yang pertama adalah bahwa rokok jenis ini dilarang oleh BPOM.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan ternyata sudah memberikan peringatan keras terhadap masyarakat tentang bahaya rokok elektrik. Hingga saat ini, rokok elektrik masih dianggap barang ilegal yang mengandung zat berbahaya seperti propilen glikol, dieter glikol, nikotin serta gliserin. Nah, dari keterangan tersebut dapat kita simpulkan bahwa rokok elektrik berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

 

Fakta yang berikutnya adalah rokok elektrik menyebabkan penyakit pada paru-paru.

Paru-paru merupakan organ vital yang sangat penting untuk mendukung kehidupan manusia. Jika paru-paru terjangkit suatu penyakit, tentu saja nyawa orang tersebut akan terancam. Nah, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh FDA (Food and Drug Administration), nikotin cair yang terdapat pada rokok elektrik dapat menimbulkan iritasi pada organ paru-paru. Selain zat tersebut, rokok elektrik juga mengandung zat berbahaya bernama Carbonyl dimana zat ini dapat memicu timbulnya penyakit kanker.

 

Fakta yang ketiga adalah rokok elektrik mengandung propilen glikol.

Propilen glikol merupakan senyawa kimia yang aman jika dikonsumsi dalam batas tertentu. Namun, rokok elektrik mengandung kadar propilen glikol tinggi yang dapat memicu timbulnya berbagai penyakit berbahaya. Nah, oleh sebab adanya zat inilah BPOM hingga kini masih melarang penggunaan rokok elektrik.

 

Fakta yang keempat adalah bahwa rokok elektrik dapat memicu terjadinya kerusakan otak.

Perlu anda ketahui, rokok elektrik mengandung tetramethylpyrazine yang merupakan zat yang dapat membuat saraf otak mengalami gangguan. Jika dibiarkan terus menerus, zat ini dapat membuat otak menjadi terganggu sehingga beresiko memicu terjadinya kerusakan otak.

 

Fakta yang berikutnya adalah bahwa kandungan nikotin dapat membuat pembuluh arteri menyempit.

Tak berbeda seperti rokok biasa, nikotin yang menyebabkan seseorang menjadi kecanduan ternyata juga banyak menyebabkan dampak berbahaya lainnya. Kali ini adalah penyempitan arteri. Jika kebiasaan merokok tidak segera dihentikan, bukan tidak mungkin bahwa pembuluh arteri anda akan semakin menyempit.

Demikian ulasan lengkap mengenai Fakta Rokok Elektrik Berbahaya Bagi Kesehatan kita. Semoga bermanfaat! Terima Kasih

Contributor >> Rizky Mahrizal



Artikel Terkait

0 Komentar