Widodo

#HTML Dasar Part 2 - Mengenal Struktur Dasar HTML

 Mengenal Struktur Dasar HTML

HTML merupakan bahasa standar untuk membuat suatu dokumen HTML (halaman web) yang terdiri dari kode-kode singkat tertentu, dimana dengan kode-kode tersebut akan memerintahkan Web browser bagaimana untuk menampilkan halaman Web yang terdiri dari berbagai macam format file seperti teks, grafik, animasi, link maupun audio,video. Sedangkan Web browser adalah sebuah progam yang dapat menterjemahkan kode perintah dari dokumen HTML tersebut sehingga dapat kita lihat, dibaca.

 

Didalam HTML memiliki struktur tersendiri dimana struktur dasar itu berupa tag yaitu:

  • Tag DOCTYPE
  • Tag HTML
  • Tag Title
  • Tag Head
  • Tag Body

 

Struktur diatas merupakan struktur HTML paling dasar dari HTML.

<!DOCTYPE html>
<html>
  <head>
     <title>Belajar HTML</title>
  </head>
<body>

</body>
</html>

Tag DOCTYPE

Adalah tag paling awal dari struktur HTML. DTD sendiri adalah singkatan dari Document Type Declaration, yang berfungsi untuk meberi tahu Browser bahwa dokumen yang ditampilkan adalah dokumen berjenis HTML.

 Tag HTML

Merupakan tag pembuka dari seluruh halaman web yang akan dibuat. Selanjutnya, semua kode HTML yang membentuk desain sebuah halaman Website harus berada didalam tag <html> ini. Tag <html> harus ditulis berpasangan dimulai dengan <html> dan diakhiri dengan </html>, sementara kode-kode HTML lainnya ada diantara tag pembuka dan penutup.

Tag Title

Tag Title Fungsinya untuk menulis judul yang nantinya akan terlihat di title bar browser

 Tag HEAD

Umumnya berbentuk keterangan teknis, seperti definisi dan judul halaman, kode-kode CSS, JavaScript, deskripsi halaman, dank ode-kode  lainnya yang tidak terlihat sebagai salah satu desain didalam sebuah halaman. Judul halaman website ditulis menggunakan tag <title> sesudah menulis tag <head> dan biasanya ditampilkan pada bagian paling atas jendela browser.

Tag Body

Digunakan untuk meletakkan semua elemen yang akaan terlihat didalam halaman website pada saat halaman itu diakses oleh browser, seperti paragraph, table, link, gambar, dll.  Kemunculan elemen itu ditulis diantara tag <body> dan </body>.

Sebagian besar tag didalam dunia HTML ditulis berpasangan yang kemudian disebut tag pembuka dan penutup. Diantara tag pembuka dan penutup, anda bisa meletakkan teks untuk membuat paragraph, mengambil gambar, membuat list dan sebagainya. Teks diantara tag penutup dan pembuka disebut dengan istilah elemen. Penulisan tag sendiri ditandai dua kurung siku < dan >

Contoh format dasar penulisan tag HTML :

<tag-pembuka>Belajar HTML</tag-penutup>

Perbedaan tag penutup dengan tag pembuka terletak dari tanda garis miring (/). Contoh penulisan lainya dengan menggunakan tag HTML

<p>Saya Belajar HTML</p>

<h3>Semangat Belajar HTML</h3>

Struktur HTML yang kita bahas hari ini merupakan struktur sederhana dan wajib kita pahami sebagai seorang web Design/Web Programer, Sebuah web halaman memiliki baris  ratusan bahkan ribuan baris yang terdiri berbagai bahasa pemograman, meskipun suatu halaman web memiliki beberapa bahasa pemograman struktur HTML yang kita pelajari ini akan tetap dipakai dalam pemuatan web.



0 Komentar


Copyright © 2015 S-widodo.com Digital marketing