Widodo

Kumpulan E-commerce Penyedia Perlengkapan Bayi di Indonesia

Hingga tahun 2016 ini, perkembangan e-commerce semakin bergerak ke segmen yang lebih spesifik. Bukan hanya urusan fashion orang dewasa atau barang-barang elektronik saja, para ibu juga dimanjakan dengan kemudahan urusan berbelanja untuk keperluan buah hati tercintanya.
Tech in Asia merangkum beberapa e-commerce yang memudahkan para ibu untuk menemukan kebutuhan si mungil. 

Orami

Toko Online Orami

Orami merupakan nama baru dari MoxyBilna. Awalnya, Moxy dan Bilna adalah dua e-commerce berbeda. Moxy adalah e-commerce gaya hidup asal Thailand yang menyediakan produk khusus wanita. Sementara Bilna merupakan e-commerce yang menjual produk perlengkapan bayi dan ibu rumah tangga. Di awal 2016, keduanya bergabung menjadi MoxyBilna. Tak lama berselang, MoxyBilna pun mengubah namanya menjadi Orami.

Orami menyediakan lebih dari 8.600 produk ibu, bayi, dan anak dari berbagai merek. Koleksi mainan anak pun cukup banyak; setidaknya lebih dari 3.800 mainan dipamerkan di sana. Berbagai diskon dan penawaran pun disajikan untuk menarik minat belanja.

Tororo

E-comerce Tororo

E-commerce dengan logo anak ayam bertubuh tambun—mirip dengan tokoh anime Jepang di tahun 1980-an bernama Totoro—ini fokus menyajikan keperluan bayi dan ibu. Alhasil, begitu masuk ke dalam laman situsnya, kamu akan disuguhi beragam peralatan bayi serta keperluan ibu, mulai dari bantal untuk ibu hamil hingga krim penghilang stretch mark.

Dari segi produk, Tororo memang tak berbeda jauh dengan e-commerce khusus bayi lainnya. Tororo juga memberikan potongan harga seperti kebanyakan toko lain. Bedanya, e-commerceyang didirikan oleh mantan CEO Kaskus Ken Dean Lawadinata ini memberikan layanan pembayaran dan pengiriman yang cukup menarik.

Khusus untuk pelanggan di Jakarta, Tororo menyediakan layanan pengiriman di hari yang sama (same day shipping). Syaratnya, pelanggan harus mengonfirmasi pembayaran sebelum pukul 08.00 pagi. Jika melewati jam tersebut, maka pesanan akan dikirimkan paling lambat satu hari kerja setelah konfirmasi dilakukan. Layanan same day shipping ini gratis untuk pelanggan dengan total belanja minimal Rp100.000. Jika kurang dari Rp100.000, Tororo hanya mengenakan biaya kurir sebesar Rp10.000 berapapun berat dan kuantitas pesananmu.

Mothercare Indonesia

Toko Online

Nama Mothercare Indonesia telah terdengar di Indonesia sejak 2005. Saat itu, peritel ini membuka gerai pertamanya di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat, di bawah naungan Kanmo Retail Group (KRG), bagian dari grup K.Aloomall. Kini, Mothercare merambah ke dunia onlinedengan membuat e-commerce.

Sama seperti e-commerce khusus bayi lainnya, Mothercare menyediakan beragam produk peralatan bayi. Bedanya, Mothercare menjual mainan-mainan dari Early Learning Center (ELC), peritel yang khusus menyajikan mainan untuk anak berumur 0 hingga 6 tahun. Mainan ini dirancang untuk membantu perkembangan anak dan mengajak anak belajar melalui bermain.

Meski memiliki jenis mainan dengan segmen usia yang jelas, memilih mainan dan perlengkapan bayi bukanlah perkara mudah—terutama bagi kamu yang belum berkeluarga. Celah ini tampaknya dimanfaatkan Mothercare untuk bersaing dengan kompetitornya. E-commerce yang memiliki gerai offline di lima kota besar di Indonesia ini memberikan deskripsi yang jelas untuk setiap produk yang dijualnya. Ini akan memudahkan pelanggan sebelum memutuskan membeli suatu barang.

Mamaway

Mamaway

Jika e-commerce sebelumnya menyediakan kebutuhan bayi dan ibu, Mamaway justru fokus membidik pasar ibu hamil dan ibu menyusui. Di dalam situs ini, pengguna bakal disambut dengan tiga laman berbeda: Mamapedia, Belanja Online, dan Mama Club.

Mamapedia ini serupa ensiklopedia untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Di laman ini terdapat berbagai informasi seputar kehamilan, pengasuhan anak, nutrisi, tip kembali bekerja setelah melahirkan, hingga video tutorial cara menggendong bayi. Artikel-artikel tersebut dihimpun dari berbagai sumber.

Di laman berikutnya, Belanja Online, kamu bisa menemukan beragam produk untuk ibu hamil dan menyusui, misalnya korset pasca melahirkan, celana hamil, dan gendongan bayi. Mamaway menyediakan tabel ukuran pakaian, lengkap dengan cara mengukurnya untuk setiap jenis pakaian. Untuk anggota baru, Mamaway memberikan voucer sebesar Rp50.000.

Menariknya, e-commerce ini juga menyediakan ruang bagi para ibu untuk berbagi cerita. Laman ini bernama Mama Club. Di sini, para ibu bisa menceritakan pengalamannya saat hamil dan menyusui. Biasanya, para ibu ini juga membagikan tip seputar pemilihan pakaian hamil, pakaian saat menyusui, hingga masalah produksi ASI yang menurun yang kerap membuat para ibu khawatir.

BabyZania

Startup BabyZania telah beroperasi sejak Februari 2013 dan mengklaim telah memiliki lebih dari 100.000 pelanggan di seluruh Indonesia. Mereka juga mengklaim telah memiliki lebih dari 10.000 produk berkualitas di situsnya.

Di laman situsnya, BabyZania menyediakan berbagai makanan bayi, perlengkapan bayi, mainan, perlengkapan menyusui, pakaian, dan sebagainya. BabyZania tidak memungut biaya kirim untuk pembelian di atas Rp250.000. Gratis ongkos kirim ini berlaku untuk wilayah Jabodetabek, namun tidak termasuk untuk produk susu, popok, dan produk dengan berat volume lebih dari 10 kilogram.

E-commerce ini juga memiliki opsi pembayaran di tempat yang tersedia di berbagai kota di tanah air. Selain itu, BabyZania juga menawarkan opsi pembayaran online, transfer bank, serta kartu kredit yang didukung oleh bank-bank besar di Indonesia. Untuk meyakinkan kualitas kepada penggunanya, setiap produk disertai dengan komentar dari para pembeli sebelumnya.

Prelo

Awalnya, Prelo bernama Kleora, yakni sebuah marketplace yang membidik perempuan sebagai pasar utamanya. Setelah “berganti identitas”, Prelo pun mengubah segmennya dengan menyasar barang-barang pre-loved alias barang bekas dengan kualitas yang masih baik dan asli.

Di dalam situsnya sendiri, Prelo menyajikan beragam jenis produk, mulai dari buku, gadget, produk khusus wanita, serta peralatan bayi. Untuk perlengkapan bayi, harga yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari Rp4.000 sampai Rp9,5 juta.

Kamu juga bisa mencari perlengkapan bayi berdasarkan kondisi barang. Prelo membaginya ke dalam empat kondisi: masih baru (95-100 persen), sangat bagus (85-95 persen), bagus (70-85 persen), cukup (kurang dari 70 persen).

Prelo bisa menjadi pilihan bagi para ibu yang ingin memberikan produk terbaik untuk si buah hati tanpa perlu menguras dompet. Terlebih lagi, banyak ibu yang enggan membeli perlengkapan bayi dengan harga mahal lantaran barang tersebut tak lagi dipakai saat anak tumbuh besar.

Source : Septa Mellina - id.techinasia.com



0 Komentar


Copyright © 2015 S-widodo.com Digital marketing