Widodo

Manfaat Jalan Kaki Buat Kesehatan

Berjalan kaki memang harus diawali dengan kemauan serta niat yang tulus dari diri sendiri, karena dengan berjalan kaki ternyata banyak manfaat yang akan kita dapatkan. Jika dilihat dengan semakin majunya keragaman alat transportasi ternyata bisa menyebabkan kebiasaan berjalan kaki menjadi menurun.
Tapi yang demikian "biasanya" hanya untuk orang-orang tertentu saja yaitu orang-orang yang extra sibuk (berangkat pagi pulang malam) jadi waktu untuk bersantai bersama keluarga dan berjalan kaki untuk sehat tentu sangat terbatas. Sebaliknya, banyak juga orang-orang yang sangat menghargai makna kehidupan dan kesehatan, sehingga bisa mengatur waktu dengan baik untuk bisa bersantai bersama keluarga dan menyempatkan diri untuk berjalan kaki demi menjaga kesehatan ditengah-tengah kesibukan yang ada.

Pada dasarnya berjalan kaki merupakan aktifitas yang sangat sering dilakukan, dan selama ini sudah pasti Anda menggerakkan kedua kaki untuk berjalan. Tetapi aktifitas berjalan yang ada hanya sebatas diruangan tertentu saja, misal dirumah dan ditempat kerja. Menurut informasi yang ada berjalan kaki memiliki banyak manfaat yang sudah terbukti bisa mengatasi beberapa problem kesehatan seperti bisa menurunkan berat badan, mengatasi masalah pernapasan, menyehatkan jantung, dan lain sebagainya.

Dari hasil penelusuran DigitalBaca menemukan beberapa informasi yang berkaitan dengan manfaat jalan kaki, dimana jika kita rutin jalan kaki dengan santai dengan jarak tempuh kurang lebih dua sampai 3 KM perhari ternyata bisa mengatasi bermacam penyakit, dan diabwah ini merupakan rangkuman beberapa manfaat yang bisa diambil jika kita rutin berjalan kaki :

→ Menghindarkan diri dari Diabetes Tipe 2

 

Berjalan kaki bisa menurunkan tekanan darah, memperkuat sistem kardiovaskuler, dan meningkatkan pengelolaan diabetes melitus tipe 2. Dengan rutinitas jalan kaki ternyata mampu menurunkan penyakit diabetes hingga 58%. Program pencegahan Diabetes memperlihatkan, jalan kaki selama 150menit perminggunya akan mengurangi 7% berat badan atau sekitar 7Kg.

→ Menurunkan Kadar Kolesterol

Rutinitas berjalan kaki ternyata memungkikan untuk menurunkan tingkat kadar kolesterol LDL atau yang biasa dikenal dengan sebutan kolesterol jahat. Sebaliknya dengan kegiatan berjalan kaki secara rutin bisa meningkatkan produksi kolesterol HDL (high density lipoprotein).

→ Baik untuk Tulang

Dari riset yang dijalankan memperlihatkan bahwasanya kaum hawa atau wanita yang menopause dan melakukan rutinitas berjalan kurang lebih satu mil perhari memiliki kepadatan tulang lebih baik dari pada mereka yang minim berjalan kaki. Selain itu dengan berjalan kaki ternyata sangat efektif guna menurunkan kehilangan massa tulang pada bagian-bagian kaki.

→ Memperkuat Jantung pada Pria dan Wanita

Dalam sebuah penelitian, tingkat kematian pada pria yang sudah pensiun dan berjalan kaki kurang dari 1 mil per harinya menunjukkan dua kali lebih banyak jika dibandingkan dengan mereka yang menempuh jarak 2 mil per hari. Studi untuk kaum hawa yang dilakukan pada 72.488 wanita memperlihatkan, dengan berjalan kaki selama tiga jam perminggunya akan mengurangi risiko serangan jantung.

→ Baik untuk Otak

Kenapa demikian karena dalam studi tentang jalan kaki ditemukan, wanita yang berjalan satu setengah jam per minggu memiliki fungsi kerja organ kepala yang lebih baik dari pada mereka yang hanya berjalan empat puluh (40) menit perminggunya.

→ Mengurangi Gejala Depresi dan Meningkatkan Kebugaran

Dengan berjalan kaki tiga puluh menitan, selama tiga sampai lima kali perminggunya dan dilakukan selama 12 minggu ternyata dapat mengurangi gejala depresi dan juga dapat meningkatkan kebugaran dan sistem pernapasan secara signifikan. Selain itu bagi Anda yang sedang berdiet atau berusaha menjaga bobot tubuh, berjalan kaki sangat membantu mendapatkan bobot tubuh yang diharapkan.

Jadi mulai sekarang sudah waktunya kita meluangkan waktu untuk membiasakan berjalan kaki, karena manfaatnya sangat banyak untuk kita



Artikel Terkait

0 Komentar