Widodo

Pengertian dan Fungsi PHP dalam Pemrograman Web

Pemrograman PHP s-widodo.com

PHP merupakan salah satu bahasa Pemrograman yang paling banyak digunakan dalam internet,  pada saat ini bahasa Pemrograman PHP digunakan lebih dari 80% web server di seluruh dunia menurut w3techs.com. anda bisa melihat Gambar Grafis dibawah ini. MySQL memungkinkan Anda untuk membuat dan merubah database pada server Anda. Dengan menggunakan keduanya, Anda akan bisa membuat situs dan database yang jauh lebih kompleks dan baik. Banyak yang harus Anda pelajari untuk mampu menguasai PHP dan MySQL. namun Anda dapat mempelajari dasarnya terlebih dahulu.

Grafis Bahasa Pemograman, s-widodo.com

Diagram ini menunjukkan persentase website menggunakan berbagai bahasa pemrograman server-side. Lihat gambaran teknologi diatas untuk penjelasan tentang metodologi yang digunakan dalam survei. laporan kami diperbarui setiap hari. Sumber (w3techs.com)

Mengerti apa itu PHP dan MySQL: PHP merupakan bahasa pemrograman yang dapat Anda gunakan untuk membuat Script yang lebih interaktif. Skrip ini kemudian akan diolah dalam web server yang hasilnya dapat dilihat dalam bentuk HTML. PHP memungkinkan Anda membuat situs yang lebih interaktif dan lebih mudah untuk dioperasikan. MySQL merupakan bahasa pemrograman database terbuka. Dimana anda bisa membuat, merubah, menghapus dan mengakses beberapa database sekaligus dalam server anda.

 

Jadi buat kalian yang ingin mempelajari PHP ini alangkah baiknya anda harus memiliki dasar pengetahuan mengenai HTML, CSS dan JavaScript hal ini karena script PHP akan berubah menjadi HTML saat dikirim ke browser. Mengetahui dasar-dasar bahasa Pemrograman akan lebih memudahkan anda untuk mempelajari bahasa Pemrograman PHP dan MYSQL.

 

Untuk membuat halaman web, sebenarnya PHP bukanlah bahasa pemrograman yang wajib digunakan. Kita bisa saja membuat website hanya menggunakan HTML saja. Web yang dihasilkan dengan HTML (dan CSS) ini dikenal dengan website statis, dimana konten dan halaman web bersifat tetap.

 

Sebagai perbandingan Web dinamis adalah website yang mana pengguna (client) bisa merubah konten dari halaman tertentu menggunakan browser dan interaksi yang terjadi antara pengguna dan server sangat kompleks.Permintaan dari pengguna dapat diproses oleh server yang kemudian ditampilkan dengan isi yang berbeda-berbeda menurut alur programnya.

Untuk membuat sebuah website kode PHP biasaya disisipkan kedalam HTML, Sebagai contoh penggunakan PHP misalkan kita ingin menampilkan list nomer berurutan dari 1 sampai 50 di dalam HTML kita bisa membuat secara manual seperti dibawah ini :

<!DOCTYPE html>
<html>
   <head>
      <title>Contoh list dengan HTML</title>
   </head>
<body>
<h2>Daftar Nomer</h2>
   <ul>
      <li>1</li>
      <li> 2</li>
      <li> 3</li>
      <li> 4</li>
      <li> 5</li>
   </ul>
</body>
</html>

Kode html diatas adalah contoh murni html untuk membuat list sampai 5 karena kalau saya tulis semua terlalu panjang, Sekarang kita coba terapkan menggunakan PHP dengan perulangan 1 sampai 50 dengan perintah yang lebih singkat seperti dibawah ini

<!DOCTYPE html>
<html>
   <head>
      <title>Contoh list dengan HTML</title>
   </head>
<body>
<h2>Daftar Nomor</h2>
   <ul>
<?php
      for ($i= 1; $i <= 50; $i++) 
         {
            echo "<li>$i</li>";
         }
      ?>
   </ul>
</body>
</html>

 

Ingat ya PHP tidak hanya dapat melakukan pengulangan tersebut, masih banyak hal lain yang bisa kita lakukan dengan PHP,  seperti menginput data, mengubah data dan menghapus data, Tetapi alangkah baiknya kalian harus mengenal dasar-dasar HTML, CSS dan PHP terlebih dahulu.

Dalam tutorial ini kita sudah mengenal sedikit gambaran mengenai bahasa Pemrograman PHP dan pengertian PHP dan fungsinya tunggu tutorial selanjutnya ya mudah-mudahan apa yang kami sampaikan dapat dipahami.

 Referensi:

#duniailkom.com #wikipedia #w3techs.com #php.net



0 Komentar


Copyright © 2015 S-widodo.com Digital marketing