Widodo

Siapa Mau Jadi Teman Yang Hebat? Simak Ini Dulu

Persahabatan adalah ikatan emosional antara dua orang yang saling berbagi. Termasuk di dalamnya kejujuran dan integritas. Teman sejati kita biasanya terus menemani kehidupan kita bahkan hingga sama-sama berusia renta.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa membantu Anda menjadi seorang teman yang hebat seperti yang dilansir oleh laman She Knows.

Saling menerima
Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Selalu ada cara yang benar dan cara yang salah untuk merekomendasikan perbaikan. Jangan memaksakan pilihan Anda pada teman tetapi terima mereka apa adanya. Sebagai teman, Anda dapat memberitahu apa pendapat Anda tapi biarkan mereka mengambil keputusan sendiri.

Mengakui kesalahan dan meminta maaf
Sebagian orang merasa ego untuk mengucapkan kata maaf karena menganggap ini merendahkan diri mereka. Tentu saja hal ini keliru, orang yang berani mengakui kesalahan dan meminta maaf adalah orang yang tangguh dan berjiwa besar. Hindari menggoreskan luka pada persahabatan karena memiliki teman di kehidupan Anda adalah anugerah yang indah.

Saling menghormati
Saling menghormati dan menjaga aib masing-masing terutama di hadapan orang lain. Dengan begini persahabatan Anda akan awet.

Jadilah pendengar yang baik
Perhatikan apa yang teman Anda katakan. Hal ini menjadi wujud Anda menghormati perasaan dan emosinya. Jangan mengolok-olok perasaan teman Anda. Misalnya selalu mengingat hari ulang tahun, anniversary dan mau menghadiri undangannya adalah salah satu sikap yang mengartikan jika Anda menjadikan teman Anda termasuk orang yang penting dalam hidup Anda.

Biarlah berlalu
Jangan pernah mengungkit masa lalu. Ini hanya merusak hubungan persahabatan. Jika teman Anda telah menyakiti Anda di masa lalu maafkan dan relakan masa itu pergi. Agar selalu mendapat kepercayaan teman-teman Anda sebaiknya Anda menghindari sikap suka menghakimi. Manusia memang tempat salah dan lupa, termasuk sahabat dan teman-teman Anda. Namun, jangan terbiasa memvonis atau menghakimi teman karena setiap orang berhak untuk dihargai.

Memiliki teman di kala susah dan senang adalah anugerah yang indah sepanjang hidup. Orang yang selalu dikelilingi oleh teman-teman dekat memiliki kualitas hidup yang lebih baik bahkan dipercaya bisa memperpanjang usia

sumber :  www.molto.co.id

 



0 Komentar